BATAS WAKTU PENGAJUAN LPJ BENDAHARA


BATAS WAKTU REKONSILIASI UAKPA


BATAS WAKTU PENGAJUAN SPM GAJI INDUK


BATAS WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN SALDO REKENING
IMG 6128 Min

Hal itu terlihat pada hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2016 terhadap layanan KPPN Bangko yang dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 3 Juni 2016, dimana indeks kepuasan secara umum yang diperoleh adalah sebesar 0,93 pada interval indeks 0 s.d. 1,00 dengan kriteria “Sangat Puas” terhadap layanan yang diberikan KPPN Bangko periode Semester I Tahun 2016. Survey dilakukan terhadap 25 (dua puluh lima) responden yaitu satuan kerja yang berasal dari Kab. Merangin dan Kab. Sarolangun yang mendapatkan layanan KPPN Bangko. Jumlah responden yang disurvey merupakan 36% (tiga puluh enam persen) dari seluruh satuan kerja yang dilayani KPPN Bangko Tahun 2016.

Tingkat kepuasan yang diukur adalah tingkat kepuasan terhadap layanan KPPN Bangko yang meliputi 5 (lima) jenis layanan, yaitu:

  1. Layanan Pencairan Dana

  2. Layanan Bimbingan dan Konsultasi

  3. Layanan Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara

  4. Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan (Realisasi APBN)

  5. Layanan Sarana dan Prasarana KPPN

Hasil survey menunjukkan bahwa responden sangat puas terhadap seluruh layanan yang diberikan KPPN Bangko. Seluruh layanan tersebut mempunyai nilai indeks pada interval 0,90 sampai dengan 0,95 dengan indeks tertinggi 0,95 untuk Layanan Sarana dan Prasarana KPPN. Sedangkan untuk aspek layanan yang menghadirkan tingkat kepuasan tertinggi bagi mitra kerja/stakeholders adalah Kenyamanan ruang tunggu layanan dan sarana pendukung serta tidak adanya biaya/pungutan apapun atas layanan yang diberikan.

Setelah pada Tahun 2013 KPPN Bangko dinobatkan sebagai juara ke-2 Kantor Pelayanan Pecontohan Terbaik Kementerian Keuangan dan pada Tahun 2014 sebagai instansi berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) oleh Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bagi KPPN Bangko hasil survey ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan mitra kerja/stakeholders atas kerja keras KPPN Bangko selama ini dalam rangka menerapkan prinsip-prinsip good governance dan mewujudkan pelayanan prima dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Namun KPPN Bangko menyadari bahwa “tak ada gading yang tak retak” serta upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan adalah suatu living process yang senantiasa harus dipelihara untuk mencapai kesempurnaan pelayanan. Upaya perbaikan tersebut antara lain:

  1. Memberikan informasi yang jelas seluas-luasnya tentang layanan perbendaharaan kepada mitra kerja/masyarakat melalui berbagai media seperti:  Situs resmi KPPN Bangko, brosur/leaflet, standing banner, monitor display, papan pengumuman, dsb
  2. Memberikan edukasi dan bimbingan kepada mitra kerja secara rutin dan berkelanjutan tentang prosedur, persyaratan dan peraturan teknis yang berkaitan dengan pengelolaan dana APBN
  3. Menyelenggarakan dan meningkatkan pelatihan service excellent kepada seluruh pegawai KPPN Bangko untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan KPPN Bangko

Pada akhirnya KPPN Bangko menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para responden serta seluruh mitra kerja/stakeholders KPPN Bangko yang telah menyukseskan pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2016. Saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan demi peningkatan mutu pelayanan KPPN Bangko di masa yang akan datang.


Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2016