BATAS WAKTU PENGAJUAN LPJ BENDAHARA


BATAS WAKTU REKONSILIASI UAKPA


BATAS WAKTU PENGAJUAN SPM GAJI INDUK


BATAS WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN SALDO REKENING
IMG 6101 Min

Pada Hari Kamis, tanggal 4 Agustus 2016 bertempat di Aula KPPN Bangko kembali dilaksanakan sosialisasi sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di lingkungan satuan kerja dan asistensi di bidang pengelolaan keuangan negara. Kali ini pokok bahasan yang disajikan adalah tentang Telaah Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga dan Overview Aplikasi e-Rekon dan LK. Peserta sosialisasi adalah para petugas yang menangani pelaporan di tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) di wilayah Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun yang bermitra dengan KPPN Bangko.

Tahun pertama penerapan akuntansi pemerintah berbasis akrual pada Tahun 2015 telah dilewati. Hasil audit BPK atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga berupa opini atas Laporan Keuangan TA. 2015 menunjukkan hasil yang cukup bagus dimana sekitar 65% Kementerian Negara/Lembaga mendapatkan opini tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sementara sisanya masih belum bisa meraih hasil yang terbaik. Suatu hal yang bisa dimaklumi mengingat Tahun 2015 adalah tahun pertama penerapan basis akrual sehingga masih cukup banyak diperlukan penyesuaian dalam pelaksanaannya.

Memasuki tahun kedua penerapan basis akrual tentunya harapan seluruh Kementerian Negara/Lembaga adalah memperoleh opini terbaik atas laporan keuangan yang telah disusun. Adalah tugas yang cukup menantang dan membutuhkan sinergi dari seluruh unit akuntansi dari tingkat bawah (UAKPA) hingga level Kementerian Negara/Lembaga. Disinilah peran telaah laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun telah andal dan bebas dari salah saji yang material. Bila seluruh UAKPA melakukan telaah laporan keuangan dengan baik dan benar maka Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang dihimpun dari seluruh UAKPA yang ada, bisa diyakini keandalannya.


Hal-hal yang perlu ditelaah dalam laporan keuangan, antara lain:

  1. Kelengkapan laporan keuangan
  2. Kesesuaian dengan persamaan dasar akuntansi
  3. Telaah per komponen laporan keuangan
  4. Telaah antar komponen laporan keuangan

Untuk memberikan kemudahan/fleksibilitas bagi seluruh satuan kerja pengelola keuangan negara dalam melaksanakan rekonsiliasi data keuangan dengan KPPN selaku Kuasa BUN serta untuk membentuk database tunggal laporan keuangan, sejak Tahun 2016 Ditjen Perbendaharaan telah meluncurkan aplikasi berbasis web yang bernama Aplikasi e-Rekon & LK. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses rekonsiliasi data keuangan antara UAKPA dengan KPPN serta proses konsolidasi laporan keuangan tingkat UAKPA hingga tingkat Kementerian Negara/Lembaga menjadi lebih mudah, efisien dan efektif. Hadirnya aplikasi e-Rekon & LK juga diharapkan dapat membantu proses penyusunan Laporan Keuangan Negara/Lembaga menjadi lebih baik dan dengan ditunjang kesadaran seluruh penyusun laporan keuangan untuk melakukan telaah dengan tertib dan benar maka opini terbaik dari BPK bisa didapatkan oleh Kementerian Negara/Lembaga.

Akrual yang WTP ….. kita bisa!