BATAS WAKTU PENGAJUAN LPJ BENDAHARA


BATAS WAKTU REKONSILIASI UAKPA


BATAS WAKTU PENGAJUAN SPM GAJI INDUK


BATAS WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN SALDO REKENING
Dsc 0410 Min

Program Transformasi Kelembagaan pada Kementerian Keuangan yang digulirkan sejak Tahun 2014 merupakan suatu proses perubahan jangka panjang yang dilaksanakan sebagai upaya penyempurnaan tata kelola internal Kementerian Keuangan sebagai pondasi yang kuat guna memperbaiki dan meningkatkan sistem administrasi dan kualitas layanan publik yang bermuara pada perwujudan good governance. Sebagai suatu organisasi yang besar yang memiliki berbagai fungsi vital dalam pengelolaan keuangan negara, upaya perubahan yang dilakukan Kementerian Keuangan merupakan suatu agenda besar dengan tingkat kompleksitas tinggi. Pun juga durasi pelaksanaan transformasi kelembagaan yang panjang, membutuhkan dukungan dan peran aktif serta penjagaan semangat perubahan seluruh insan Kementerian Keuangan secara terus-menerus, baik yang ada di tingkat pusat maupun instansi vertikal di daerah.

 

Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai salah satu unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan turut menjadi bagian Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan dengan mengusung Tema Treasury/Perbendaharaan. Sebagai instansi dengan jumlah pegawai yang cukup banyak serta sebaran Kantor Pusat dan Kantor Vertikal di Daerah di seluruh penjuru Nusantara, upaya pelibatan pegawai Ditjen Perbendaharaan dalam Program Transformasi Kelembagaan melalui Manajemen Perubahan dan Komunikasi (Change Management and Communicaton/CMC), memerlukan penanganan tersendiri secara baik dan intensif. Salah satu upaya CMC adalah dengan ditetapkannya Duta Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 168/KMK.01/2016 serta Duta Transformasi Kelembagaan Unit Instansi Vertikal Ditjen Perbendaharaan melalui Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor: 289/PB/2016. Duta Transformasi Kelembagaan (Duta Transformasi) merupakan katalis penting untuk keberhasilan pelaksanaan program transformasi serta diharapkan dapat berperan dalam menyampaikan informasi serta memotivasi pegawai di lingkungan masing-masing terkait implementasi sistem maupun prosedur yang baru.

 

Salah satu tugas yang diemban oleh Duta Transformasi adalah sebagai penghubung antara para pemilik Inisiatif Strategis Program Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan yang tergabung dalam Project Management Office (PMO) Ditjen Perbendaharaan dengan seluruh pegawai dan stakeholder di lingkungan instansi masing-masing. Duta Transformasi menyampaikan informasi-informasi dari PMO Ditjen Perbendaharaan serta menjembatani dan memfasilitasi komunikasi terkait Program Transformasi Kelembagaan antara PMO dengan seluruh pegawai dan stakeholder di lingkungannya. Dengan adanya penyampaian informasi dan jalinan komunikasi yang intensif diharapkan seluruh pegawai mengetahui dengan baik Program Transformasi yang tengah berjalan dan merasa terlibat/dilibatkan didalamnya, sehingga timbul rasa memiliki atau menjadi bagian dari program transformasi. Pada akhirnya partisipasi aktif dan kontribusi maksimal dari seluruh pegawai sangat diharapkan demi tercapainya kesuksesan Program Transformasi Kelembagaan.

 

Penyampaian informasi dan komunikasi dilakukan melalui berbagai media, diantaranya dengan menyelenggarakan Corner Day (Hari Penyampaian Informasi) Transformasi Kelembagaan di instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan. KPPN Bangko sebagai salah satu instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan di Provinsi Jambi telah mengadakan Corner Day Tahun 2016 yang diawali dengan penetapan Panitia Corner Day Transformasi Kelembagaan Tahun 2016 melalui Surat Keputusan Kepala KPPN Bangko Nomor: KEP-39/WPB.06/KP.0501/2016 tanggal 30 Agustus 2016. Pelaksanaan acara yang melibatkan seluruh pegawai tersebut dikemas dalam suasana yang santai dan menarik namun tetap informatif untuk menyampaikan informasi seputar Transformasi Kelembagaan. Acara diselenggarakan selama 2 (dua) hari, yaitu:

  1. Hari Sabtu, tanggal 3 September 2016 untuk penyampaian informasi Transformasi Kelembagaan kepada pihak internal yaitu seluruh pegawai KPPN Bangko; dan
  2. Hari Rabu, tanggal 7 September 2016 untuk penyampaian informasi Transformasi Kelembagaan kepada pihak eksternal yaitu petugas satuan kerja (satker) mitra KPPN Bangko.

 

Acara ini perlu diselenggarakan karena bertujuan sebagai berikut:

  1. Mengurangi information gap pada diri pegawai dan stakeholders kantor vertikal di daerah melalui penyampaian informasi dan perkembangan terkini Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan khususnya di lingkungan Ditjen Perbendaharaan.
  2. Menumbuhkan dan memperkuat rasa ikut memiliki/terlibat dalam Program Transformasi Kelembagaan di kalangan pegawai sehingga para pegawai mengetahui proses transformasi yang sedang berjalan serta lebih siap untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan berperan aktif dalam proses tersebut.
  3. Memupuk kebersamaan, soliditas, kerja sama dan rasa kekeluargaan di kalangan seluruh pejabat/pegawai KPPN Bangko sehingga diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkuat harmoni, energi dan sinergi dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban.
  4. Sarana untuk menggali dan menampung pertanyaan, pendapat, kesan, pesan dan harapan para pegawai terhadap Program Transformasi Kelembagaan yang nantinya akan disampaikan kepada PMO Ditjen Perbendaharaan.

 

Kegiatan-kegiatan yang dilaksankan sepanjang penyelenggaraan acara adalah sebagai berikut:

  1. Penyampaian materi tentang Makna dan Pentingnya Perubahan oleh Kepala KPPN Bangko;
  2. Penyampaian materi Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan dan Ditjen Perbendaharaan oleh Duta Transformasi Kelembagaan KPPN Bangko;
  3. Kuis interaktif Transformasi Kelembagaan;
  4. Performance show antar Subbag/Seksi dengan jenis pertunjukan: bernyanyi, tarian dan drama/sketsa peristiwa.
  5. Open booth penyampaian materi Program Sertifikasi Bendahara Pengelola APBN kepada satuan kerja mitra KPPN Bangko.

Penyelenggaraan acara berlangsung dengan lancar, informatif dan menarik, sehingga diharapkan dapat memberikan informasi teraktual dan lengkap tentang Program Transformasi Kelembagaan yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan dan Ditjen Perbendaharaan.

 

Transformasi Kelembagaan ….Pasti Lebih Baik!

 

dsc_0408-mindsc_0447-mindsc_0517-mindsc_0523-mindsc_0407-mindsc_0410-min